Minggu, 06 September 2009

Ternyata Windows 7 Lebih Irit Dari XP dan Vista



Menurut pengujian Intel dan Microsoft, Windows 7 telah tebukti lebih hemat energi daripada XP maupun Vista.

Seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Kamis (3/9/2009) Microsoft serta Intel mendemonstrasikan bagaimana konsumsi daya yang dibutuhkan Windows 7 memang lebih sedikit daripada OS Windows versi sebelumnya. Ini berarti para pengguna notebook akan bisa merasakan daya tahan baterai yang lebih lama, jika menggunakan Windows 7 dibanding XP atau Vista.

Dari test yang dilakukan Microsoft saat 'mengadu' Windows 7 vs Vista, hasilnya Windows 7 memiliki daya tahan baterai lebih lama antara 10%-20% dibanding Vista. Hal tersebut diukur dengan memutar standar format DVD pada kedua OS, dengan hardware yang sama oleh Microsoft.

Faktanya memang Windows 7 unggul di semua lini jika dibanding Vista, tak terkecuali dalam masalah konsumsi daya. Menurut penjelasan PCMag, Windows 7 pun hanya mengkonsumsi 16,53 watt untuk memutar DVD, sementara Vista SP2 adalah 18,35 watt. Windows 7 lebih unggul sekitar 11%.

Lalu bagaimana dengan XP? Lebih lanjut, Microsoft dan Intel juga 'mengadu' antara Windows 7 vs XP. 2 perusahaan terebut sepakat menggunakan notebook Lenovo ThinkPads T400s sebagai alat ujinya. Sementara OS yang diujikan adalah Windows XP SP2 melawan Windows 7 RTM.

Hasilnya Windows XP SP2 membutuhkan energi sebesar 20,2 watt. Sementara Windows 7 RTM hanyalah 15,4 watt. Ini berarti ada jeda waktu lama baterai hidup sekitar 1 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar