Rabu, 10 Februari 2010

Radio Wireless EnGenius, JazzNet Hotspot

Setelah mencoba selama 2 minggu tidak konek akhirnya konek juga, Memasang Radio Wireless dengan radius 5,21 Km. ini merupakan pengalaman baru . setelah googling kesana kemari, ternyata tetap pengalaman itu nomor satu. Seperti saya baca artikel para Blogger ternyata sama sekali tidak sesuai dengan yang saya alami.

Mula-mula selama kira-kira satu minggu penulis mencoba naik turun menara kemudian gonta-ganti radio mulai type TP-Link, Bullet2 , akhirnya pilihan ku pada radio Engenius, selain mudah setingnya, juga kuat sinyalnya. Ternyata yang perlu diperhatikan dalam mensetting wireless adalah : pertama satu radio difungsikan sebagai Acsess Point ( AP) sedangkan radio penerima sebagai (Client/ Station) keduanya harus dalam satu Channel (frekwensi) yang sama. misal channel 11 ( 2,462)Ghz , dan yang tidak kalah penting adalah Wireless Mode ( B only, G only atau B/G mixed) setelah saya mencoba yang paling banyak digunakan adalah type G only karena lebih kuat, namun untuk jangkauan yang lebih jauh katanya sih, B only , tetapi buktinya setelah saya coba selama 1 minggu tidak konek-konek. Untuk Data rate pake Auto aja. karena client nya nanti memakai jenis radio yang berbeda sehingga kita tidak bisa mematok kerja radio berjalan pada data rate tertentu,

Kelebihan lain dari radio ini memiliki transmit power sampai 28Dbm dan daya jangkau mencapai 30km. dan yang paling membuat terkesan adalah fasilitas spanning trees yaitu fasilitas untuk mencari jarak terdekat, sehingga ketika fasilitas ini diaktifkan , sama sekali tidak ditemukan RTO (request time out) .



Gambar Hasil ping radio.... Sangat cantik sekali...!!!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar